pengertian radang usus buntu

Pengertian Radang Usus Buntu dan Cara Mengenalinya

Pengertian radang usus buntu adalah sebuah penyakit peradangan yang terjadi pada usus buntu (organ yang bentuknya seperti usus berukuran 5-10 cm yang menempel di usus besar) nama lainnya adalah appendix.

Dilanise dari laman mitrakeluarga, Ada beberapa fakta menarik tentang radang usus buntu ini, diantaranya adalah :

6 Fakta Tentang Radang Usus Buntu

Tak Pandang Usia

Anak-anak, remaja ataupun dewasa bisa saja mengalami peradangan usus buntu dan yang paling sering terjadi adalah pada usia 8 hingga 25 tahun.

Lebih Banyak Kasus di Perempuan

Perempuan dianggap lebih rentan terhadap penyakit usus buntu. Resiko ini juga bisa terjadi pada ibu hamil dan jika dibiarkan akan beresiko pada kelahiran prematur atau yang lebih parahnya lagi adalah kematian janin.

Banyak Kasus Yang Tidak Tertangani

Di Indonesia, penyakit usus buntu cukup tinggi kasusnya. Menurut data yang kami dapat, ada sekitar 700.000 pasien masuk ke unit gawat darurat karena masalah usus buntu dan ada 98.000 kasus yang tida tertangani setiap tahunnya.

Kebanyak dari mereka mengalami usus buntu berlubang atau perforated appendix. Ini adalah kondisi komplikasi dari radang usus buntu akut.

Gejala Sering Tidak Diketahui

Banyak penderita radang usus buntu ini tidak menyadari bahwa dia sedang mengalami masalah yang serius. Sering dianggap rasa nyeri yang muncul adalah hal biasa, dan pada beberapa tahun kemudian baru diketahui.

Nah, agar Anda bisa mewaspadai gejala yang muncul dan bisa langsung melakukan pengobatan, berikut ini adalah beberapa gejala dan tanta-tanda terjadinya peradangan.

  • Sering Mual dan muntah
  • Selera makan berkurang
  • Perut kembung
  • Diare
  • Muncul demam ringan yang biasanya semakin tinggi jika kondisi penyakitnya memburuk
  • Nyeri diperut ketika batuk, berjalan atau melakukan gerakan
  • Nyeri tiba-tiba di sisi kanan perut bagian bawah

Usus Buntu Tersumbat

Nah, ini adalah asal muasa terjadinya radang usus buntu. meskipun tidak memiliki fungsi, tapi ketika tersumbat oleh benda kecil ataupu keras maka bisa menyebabkan peradangan.

Banyak macamnya yang menyebabkan penyumbatan usus buntu tersebut, bisa dari kotoran, benda asing ataupun sel kanker. Penyumbatan pada usus buntu juga bisa disebabkan oleh terjadinya infeksi, sehingga akan muncul bengkak.

Harus ditangani dengan Operasi

Penyakit usus buntu adalah masalah darurat medis dan jika kondisinya sudah parah harus segera dilakukan operasi usus buntu. Proses operasinya adalah mengangkat usus buntunya, tapi jangan khawatir! meskipun dipotong, sistem pencernaan tubuh anda akan baik-baik saja.

Tapi, jika kondisinya belum parah dan masih muncul gejala-gejala, Anda bisa mencoba dengan cara mengobati usus buntu tanpa operasi yang dipercaya bisa juga menyembuhkan dengan cepat.

Check Also

7 obat herbal usus buntu paling ampuh

Ini Dia Obat Herbal Usus Buntu Paling Ambuh

Banyak yang mempercayai bahwa dengan obat herbal usus buntu yang direkomendasikan berikut ini bisa menyembuhkan …

cara mengobati usus buntu tanpa operasi

Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi

Penggunaan Antibiotik dan juga obat alami yang sifatnya antibakteri serta anti-inflamasi adalah salah satu cara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *